Purnawiyata Kelas 9 Madrasah Tsanawiyyah Ma'arif Munggung Tahun Pelajaran 2023/2024: Mengukir Prestasi dan Harapan Baru

Pada hari sabtu tanggal 25 Mei 2024, Madrasah Tsanawiyyah (MTs) Ma’arif Munggung menggelar acara purnawiyata bagi siswa kelas 9 untuk Tahun Pelajaran 2023/2024. Acara yang berlangsung meriah ini diadakan di halaman madrasah dengan dihadiri oleh para siswa, orang tua, guru, dan tamu undangan lainnya termasuk dari polsek, kodim, dan juga dari kantor kementrian agama kabupaten ponorogo.

Acara dimulai pukul 07.00 WIB yang diawali dengan pra acara yang di isi tampilan-tampilan dari siswa siswi MTs Ma’arif Munggung kelas 7 dan 8 diantaranya adalah tampilan bacaan an-nadhiyah dari siswa kelas 7, tampilan nadzom aqidatul awam dari kelas 8, tampilan seni tari Pelajar Pancasila dan Tari Nirmala, dan puisi. Selanjutnya pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa bersama. Dilanjut dengan Prosesi Wisuda Adapun prosesi purnawiyata dimana seluruh siswa kelas 9 dipanggil satu per satu untuk menerima gordon dan janji siswa. Momen ini menjadi sangat emosional bagi banyak siswa dan orang tua, mengingat perjalanan panjang yang telah ditempuh selama tiga tahun terakhir.  

Acara dilanjut dengan Pengumuman lulusan terbaik Tak ketinggalan, penyerahan penghargaan bagi siswa berprestasi di bidang akademik dan keagamaan turut mewarnai kemeriahan acara. Di antara siswa yang mendapatkan penghargaan adalah atas nama Sekar Arin Anggaini kelas 9U yang meraih nilai tertinggi bidang akademik dan bidang keagamaan diraih oleh atas nama Angga Reza Saputra dari kelas 9A.

Lagu kenangan dari kelas VIII tabawakan oleh siswa kelas 8U atas nama Nabil dan siswa kelas 8B atas nama Galih dan selanjutnya adalah kegiatan Sungkeman (Dewinda, Dkk), Sungkeman ke Wali (dipimpin Bu Yosi) dimana sumngkeman ini seluruh siswa siswi yang diwisuda mencium tangan orantuanya sebagai bukti bakti mereka, banyak dari mereka yang meneteskan air mata menghayati kegiatan sungkeman ini.

Acara dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Bapak kepala Madrasah (Bapak Imam Muhtar, S.Pd) dilanjut dengan perwakilan dari Kantor Kementrian Agaman Kabupaten Ponorogo (Bapak. Maskuroji, M.Pd.I) dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan haru melihat perkembangan dan pencapaian para siswa selama tiga tahun menimba ilmu di madrasah ini. “Kalian adalah generasi penerus yang penuh dengan potensi. Jadikan purnawiyata ini sebagai langkah awal menuju masa depan yang lebih cerah, ada 3 keunggulan sekolah di Madrasah yaitu, Akademik, Keagamaan dan Teknologi bisa dikuasai semuanya” ujarnya.

Orang tua siswa yang hadir pun turut merasakan kebanggaan dan kebahagiaan. Bapak Aini, salah satu orang tua siswa, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada para guru yang telah membimbing anak-anak mereka dengan penuh dedikasi. “Kami sangat berterima kasih kepada semua guru. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat untuk masa depan anak-anak kami,” tuturnya.

Purnawiyata tahun ini bukan hanya sekadar seremoni perpisahan, tetapi juga menjadi momentum untuk mengukuhkan komitmen madrasah dalam mencetak generasi berakhlak mulia, berpengetahuan luas, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Seluruh rangkaian acara ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah, meninggalkan kenangan indah bagi semua yang hadir.

Dengan semangat dan tekad yang kuat, para lulusan MTs Ma’arif Munggung siap melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, membawa serta nilai-nilai dan ilmu yang telah mereka peroleh selama ini. Semoga mereka terus mengukir prestasi dan menjadi kebanggaan bagi keluarga, madrasah, dan bangsa.

Acara ditutup dengan kegiatan Impression Moments dimana kegiatan ini diawali dengan seluruh siswa siswi kelas 9 berjabat tangan Bapak Ibu guru seluruhnya kemudian dianjut dengan menerbangkan burung merpati dan balon sebagi tanda melambungnya cita-cita siswa siswa yang menjulang ke angkasa.