MTs Ma'arif Munggung adalah madrasah tsanawiyah yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dengan penekanan pada pembentukan karakter yang baik dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan lingkungan yang kondusif dan dukungan tenaga pengajar yang profesional, MTs Ma'arif Munggung terus berupaya mencetak generasi penerus bangsa yang berprestasi dan berakhlak mulia.
MTs Ma'arif Munggung adalah madrasah tsanawiyah yang berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dengan penekanan pada pembentukan karakter yang baik dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan lingkungan yang kondusif dan dukungan tenaga pengajar yang profesional, MTs Ma'arif Munggung terus berupaya mencetak generasi penerus bangsa yang berprestasi dan berakhlak mulia.
Fasilitas yang disediakan ini dirancang untuk mendukung proses belajar mengajar yang efektif, layanan administrasi yang lancar, serta pengembangan diri siswa dan staf secara holistik.
A. FASILITAS MANAJEMEN DAN STAF
RUANG KAMAD (Kepala Madrasah/Sekolah)
Deskripsi: Merupakan jantung manajemen sekolah. Ruangan ini adalah tempat Kepala Madrasah/Sekolah merencanakan, mengawasi, dan mengambil keputusan strategis. Dilengkapi dengan meja kerja, kursi tamu, dan sarana komunikasi, ruang ini juga berfungsi sebagai tempat menerima tamu penting dan wali murid untuk urusan khusus.
RUANG WAKA (Wakil Kepala Sekolah/Madrasah)
Deskripsi: Ruangan kerja bagi para Wakil Kepala Sekolah (bidang Kurikulum, Kesiswaan, Sarana Prasarana, dan/atau Humas) untuk menyusun program kerja, berkoordinasi dengan staf, dan memastikan operasional harian sekolah berjalan sesuai rencana.
RUANG GURU
Deskripsi: Sebuah hub vital bagi pendidik. Ruangan ini adalah tempat guru beristirahat, berkolaborasi, menyusun bahan ajar, mengoreksi pekerjaan siswa, dan berdiskusi mengenai metode pembelajaran terbaik. Kenyamanan ruang guru sangat penting untuk menjaga semangat dan produktivitas staf pengajar.
RUANG TU (Tata Usaha)
Deskripsi: Pusat administrasi dan kearsipan sekolah. Di sini, segala urusan birokrasi, keuangan, data siswa (Dapodik/EMIS), surat-menyurat, serta pelayanan legalitas dokumen siswa (ijazah, raport) diurus dengan tertib dan profesional.
B. FASILITAS PEMBELAJARAN DAN PENDUKUNG AKADEMIK
RUANG PERPUS (Perpustakaan)
Deskripsi: Lebih dari sekadar tempat penyimpanan buku, perpustakaan adalah sumber ilmu pengetahuan dan literasi. Menyediakan koleksi buku pelajaran, fiksi, non-fiksi, majalah, dan referensi digital, ruangan ini berfungsi sebagai area membaca yang tenang, tempat penelitian sederhana, dan pusat peningkatan minat baca siswa.
LAB KOMPUTER
Deskripsi: Laboratorium modern yang vital di era digital. Dilengkapi dengan unit komputer yang memadai, jaringan internet, dan perangkat lunak pendukung, lab ini digunakan untuk praktik mata pelajaran TIK, desain grafis, pemrograman dasar, hingga asesmen berbasis komputer.
LAB IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Deskripsi: Ruangan praktik untuk mata pelajaran Sains (Fisika, Kimia, Biologi). Lab ini dilengkapi dengan peralatan, bahan kimia, spesimen, dan prosedur keselamatan untuk memungkinkan siswa melakukan eksperimen, observasi, dan memverifikasi teori-teori ilmiah secara langsung.
C. FASILITAS LAYANAN SISWA DAN ORGANISASI
RUANG BK (Bimbingan Konseling)
Deskripsi: Ruangan layanan psikologis dan akademik. Guru BK memberikan konseling individual maupun kelompok, membantu siswa mengatasi masalah belajar, karir, dan isu pribadi. Ruangan ini menjamin privasi dan kerahasiaan siswa yang membutuhkan arahan dan dukungan.
RUANG OSIM/DG/UKS (OSIS/M, Dewan Guru, UKS)
Deskripsi: Gabungan fungsi penting. OSIM/OSIS adalah pusat kegiatan organisasi siswa; Dewan Guru (jika terpisah) digunakan untuk rapat besar guru; dan UKS (Unit Kesehatan Sekolah) menyediakan P3K, pemeriksaan kesehatan rutin, serta penanganan pertama bagi siswa atau staf yang sakit di lingkungan sekolah.
D. FASILITAS IBADAH, UMUM, DAN PENUNJANG
MASJID
Deskripsi: Fasilitas ibadah utama di lingkungan sekolah. Digunakan untuk pelaksanaan shalat berjamaah, pengajian rutin, kajian keagamaan, dan praktik ibadah lainnya, berperan penting dalam pembentukan karakter religius siswa.
PONPES (Pondok Pesantren)
Deskripsi: Menunjukkan bahwa madrasah ini terintegrasi dengan asrama atau memiliki fasilitas pondok. Fasilitas ini menyediakan tempat tinggal, bimbingan keagamaan intensif, dan pendidikan karakter 24 jam bagi siswa yang memilih bermukim.
KANTIN
Deskripsi: Area yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman sehat bagi seluruh warga sekolah. Kantin dikelola untuk memastikan kebersihan, nutrisi, dan harga yang terjangkau bagi siswa.
DAPUR
Deskripsi: Area pendukung kantin atau untuk keperluan konsumsi saat acara-acara sekolah, rapat guru, atau kegiatan katering internal lainnya.
LAPANGAN
Deskripsi: Area terbuka multifungsi untuk kegiatan upacara bendera, apel, pendidikan jasmani (olahraga), latihan baris-berbaris, dan event sekolah berskala besar.
PARKIR
Deskripsi: Area yang tertata dan aman yang disediakan untuk kendaraan (sepeda, motor, mobil) guru, staf, dan siswa, memastikan ketertiban dan keamanan transportasi di lingkungan sekolah.
MOBIL MADRASAH
Deskripsi: Kendaraan operasional sekolah yang digunakan untuk keperluan dinas, mengantar/menjemput siswa untuk kegiatan ekstrakurikuler di luar, atau sebagai armada cadangan untuk kepentingan mendesak lainnya.
WIFI (Jaringan Nirkabel)
Deskripsi: Akses internet kecepatan tinggi yang tersedia di seluruh atau sebagian besar area sekolah. Fasilitas ini sangat penting untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi, riset guru dan siswa, serta kelancaran administrasi berbasis daring.
E. FASILITAS SANITASI
TOILET GURU
Deskripsi: Fasilitas sanitasi yang terawat dan disediakan khusus bagi para pendidik dan staf.
TOILET MURID
Deskripsi: Fasilitas sanitasi yang jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan dijaga kebersihannya secara berkala untuk mendukung kesehatan dan kenyamanan siswa.