
(Imam Muhtar, S.Pd. dan Syaiful Mustofa Al Hafidz)
| Jabatan | Program Kerja Utama |
| Kepala Madrasah | Kepemimpinan, Manajemen, dan Supervisi |
| * Menyusun dan mengesahkan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah (RKAM) tahunan. | |
| * Melaksanakan supervisi akademik (pengawasan dan pembinaan) terhadap proses pembelajaran guru. | |
| * Mengevaluasi dan melaporkan kinerja madrasah kepada pengurus, komite, dan Kantor Kemenag. | |
| * Mengembangkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan (misalnya melalui pelatihan/workshop). | |
| Komite | Dukungan dan Kemitraan |
| * Memberikan pertimbangan dan dukungan terhadap kebijakan dan program madrasah. | |
| * Menghimpun dan mengelola sumber daya (dana, sarana, pemikiran) dari masyarakat untuk kemajuan madrasah. | |
| * Mengawasi pelaksanaan kebijakan madrasah terkait pendidikan. | |
| Pengurus | Pengawasan dan Pembinaan Yayasan |
| * Memberikan arahan dan pengawasan umum terhadap penyelenggaraan pendidikan di madrasah. | |
| * Memastikan visi dan misi yayasan sejalan dengan operasional madrasah. |
(Riya Fitri W, S.Pd)
Bidang ini fokus pada pengelolaan kegiatan belajar mengajar (KBM) dan pengembangan akademik.
| Fokus Program | Kegiatan Spesifik |
| Perencanaan Kurikulum | * Menyusun dan menjabarkan Kalender Pendidikan madrasah. |
| * Memastikan tersedianya dan kelengkapan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP/Modul Ajar, Program Tahunan, Program Semester) bagi semua guru. | |
| * Menyusun Jadwal Pelajaran dan pembagian tugas mengajar guru. | |
| Pelaksanaan dan Evaluasi KBM | * Melaksanakan Supervisi Akademik dan evaluasi pelaksanaan KBM secara berkala. |
| * Mengatur pelaksanaan Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), dan Ujian Madrasah (UM). | |
| * Mengkoordinasikan pelaksanaan program Remedial dan Pengayaan bagi siswa. | |
| Pengembangan Mutu | * Mendorong penggunaan metode pembelajaran inovatif dan pemanfaatan teknologi (e-learning). |
| * Mengkoordinasikan pelaksanaan Program Literasi dan Numerasi di madrasah. | |
| * Mengatur kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan siswa. |
(Dwi Aisin, S.Pd)
Bidang ini fokus pada pembinaan karakter, disiplin siswa, dan pengembangan non-akademik.
| Fokus Program | Kegiatan Spesifik |
| Pembinaan Disiplin & Karakter | * Menyusun dan mensosialisasikan Tata Tertib dan Kode Etik Siswa. |
| * Melaksanakan pembinaan disiplin dan ketertiban siswa sehari-hari. | |
| * Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan Keagamaan Rutin (Sholat Dhuha, Tausiyah, Pembiasaan Akhlakul Karimah). | |
| Kegiatan Siswa | * Merencanakan dan melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). |
| * Mengelola dan membina kegiatan Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM). | |
| * Mengkoordinasikan, memonitor, dan mengevaluasi kegiatan Ekstrakurikuler (Pramuka, Olahraga, Seni, Keagamaan) untuk pengembangan bakat dan minat. | |
| Prestasi dan Bantuan | * Mendata dan memberikan pembinaan khusus bagi siswa berprestasi (akademik/non-akademik) untuk mengikuti lomba. |
| * Mengkoordinasikan pendataan dan pengusulan Beasiswa bagi siswa yang berhak. |
(Zainal Abidin, S.Pd)
Bidang ini fokus pada hubungan baik madrasah dengan pihak luar dan masyarakat.
| Fokus Program | Kegiatan Spesifik |
| Hubungan dengan Komite & Orang Tua | * Mengatur dan melaksanakan pertemuan berkala dengan Komite Madrasah dan Wali Murid. |
| * Menyampaikan laporan kemajuan/perkembangan madrasah (akademik, non-akademik) kepada orang tua/wali murid. | |
| * Melaksanakan Home Visit (kunjungan ke rumah siswa bermasalah atau sakit) bekerjasama dengan BK dan Wali Kelas. | |
| Kemitraan dan Citra Madrasah | * Menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah (Kemenag, Dinas Terkait) dan lembaga lain (sekolah lanjutan, perguruan tinggi). |
| * Melaksanakan kegiatan publikasi dan promosi madrasah (melalui media sosial, website, brosur) saat PPDB dan sepanjang tahun. | |
| * Mengatur kegiatan Bakti Sosial atau pengabdian masyarakat. | |
| Layanan Informasi | * Menyusun dan menginformasikan agenda kegiatan madrasah secara periodik kepada internal dan eksternal. |
| * Menyelenggarakan kegiatan sosial atau kunjungan kepada warga madrasah yang terkena musibah (bekerja sama dengan Waka Kesiswaan). |
(Usman Hasani, Amd. Pust)
Bidang ini fokus pada pengadaan, pemeliharaan, dan pendayagunaan sarana dan prasarana.
| Fokus Program | Kegiatan Spesifik |
| Perencanaan dan Pengadaan | * Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana madrasah tahunan berdasarkan RKAM. |
| * Mengkoordinasikan pengadaan sarana pendukung KBM (buku pelajaran, alat praktik, media pembelajaran) dan inventaris lainnya. | |
| Pemeliharaan dan Perawatan | * Melaksanakan inventarisasi ulang seluruh sarana dan prasarana. |
| * Menyusun jadwal dan melaksanakan perawatan dan perbaikan rutin terhadap gedung, ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas lainnya. | |
| * Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan program Kebersihan, Keindahan, Ketertiban (K3) di seluruh lingkungan madrasah. | |
| Pendayagunaan | * Mengatur penggunaan dan peminjaman sarana dan prasarana (ruang laboratorium, alat praktik) agar efektif. |
| * Menyusun laporan berkala mengenai kondisi dan kebutuhan sarana/prasarana. |
(Moh. Zaki Amani, S.Pd, Ertik Surya W, S.Pd, dan Annas Hidayana, S.Pd)
Bidang ini fokus pada pelayanan konseling dan pengembangan diri siswa.
| Fokus Program | Kegiatan Spesifik |
| Layanan Dasar | * Menyusun dan menyajikan materi layanan klasikal (Bimbingan Klasikal) tentang perkembangan diri, sosial, belajar, dan karier di kelas. |
| * Melaksanakan asesmen dan diagnosis untuk mengidentifikasi kebutuhan dan masalah siswa. | |
| Layanan Responsif | * Melaksanakan Konseling Individu dan Konseling Kelompok untuk siswa yang memiliki masalah pribadi, belajar, atau sosial. |
| * Bekerja sama dengan Wali Kelas dan Waka Kesiswaan dalam menangani kasus pelanggaran disiplin siswa. | |
| * Melaksanakan Konferensi Kasus untuk menangani siswa bermasalah yang memerlukan bantuan banyak pihak. | |
| Layanan Peminatan & Perencanaan | * Memberikan layanan informasi karier dan studi lanjut ke jenjang SLTA. |
| * Membantu siswa dalam mengembangkan potensi diri dan perencanaan pendidikan. |
(Siti Khoirul Amin, S.Pd, Samrotul Ula, S.Pd, Hariadi, S.Pd, Ahmad Baihaqi, S.Pd, Putri Diah Ayu, S.Pd, Yosi Fitra N, S.Pd, Yuantifa Emy M, S.Pd, Shinta Agustinna, S.Pd, dan Yuyun Munawarrah, S.Pd)
Wali Kelas bertindak sebagai pemimpin mikro di kelasnya, berfokus pada kesejahteraan dan keberhasilan siswa per kelas.
| Fokus Program | Kegiatan Spesifik |
| Administrasi Kelas | * Melengkapi Administrasi Kelas (buku absen, jurnal kelas, denah tempat duduk, struktur organisasi kelas). |
| * Mengisi dan membagikan Buku Laporan Hasil Belajar (Rapor) siswa. | |
| * Mengelola data nilai siswa (Leger) dan data mutasi siswa di kelasnya. | |
| Pembinaan Siswa | * Membina Disiplin dan Tata Tertib siswa di kelas. |
| * Menjadi teladan dan melakukan pembinaan karakter Islami bagi siswa. | |
| * Memantau kehadiran, kemajuan belajar, dan masalah siswa di kelas, dan berkoordinasi dengan Guru BK. | |
| Komunikasi | * Menjalin komunikasi intensif dengan orang tua/wali murid terkait perkembangan akademik dan non-akademik siswa. |
| * Menghadiri rapat koordinasi dengan Waka Kesiswaan/Kurikulum/Kepala Madrasah. |